Sabtu, 11 Juni 2011

posting 3

Manusia sebagai mahluk beradab dan masyarakat adab dalam perkembangannya bisa jatuh dalam prilaku kebiadaban....??
manusia adalah mahluk yang beradab, sebab manusia oleh Alloh SWT telah dianugrahi harkat,martabat serta potensi kemanusiaan yang tinggi.
dalam perkembangannya manusia bisa jatuh dalam prilaku kebiadaban KARENA manusia itu sendiri tidak mampu menyeimbangkan atau mengendalikan cipta,rasa dan karsa (kebudayaan) yang dimilikinya.
hal ini diakibatkan dari dampak problematika peradaban yang dipengaruhi oleh kecanggihan teknologi,dan globalisasi terhadap peradaban manusia, akibatnya masyarakat mengalami anomi/tidak punya norma atau heteronomi (banyak norma),sehingga terjadi kompromisme sosial terhadap hal-hal yang sebelumnya dianggap melanggar norma tunggal manusia.
selain itu juga terjadinya disorientasi atau alienasi, ketersaingan pada diri sendiri atau pada prilaku sendiri, akibat pertemuan budaya-budaya yang tidak sepenuhnya terintegrasi dalam kepribadian kita.
problematika peradaban juga dipengaruhi oleh adanya perubahan sosial budaya.
perubahan sosial budaya adlah sebuah gejala berubahnya struktur sosial dan pola budaya dalam suatu masyarakat.
Hirschman mengatakan bahwa kebosanan manusia sebenarnya merupakan penyebab dari perubahan,yang dipengaruhi oleh faktor:
a. tekanan kerja masyarakat
b. keefektifan komunikasi
c. perubahan lingkungan alam
jadi manusia dalam perkembangannya bisa jatuh dalam prilaku kebiadaban karena tidak bisa menyeimbangkan dan mengendalikan semua potensi yang ada di dunia ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar